Sabtu, 09 April 2011

TIPS DAN TRIK MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET

Setiap orang pasti mempunyai cerita dan pengalaman dalam hal internetan di komputernya, kebanyakan pada ngeluh lambatnya minta ampun... memang Indonesia blum termasuk negara yang internetnya cepat masih pas – pasan, mungkin karna peralatannya yang kurang canggih kale....

Baiklah saya akan berbagi cerita dan pengalaman dalam hal mempercepat koneksi internet, disini saya menggunakan Laptop ACER ASPIRE 4741 dengan Processor Intel Core i5-430M dan OS Windows7 Ultimate.

Untuk koneksinya saya menggunakan modem 3G CDMA HUAWEI dan kartunya saya pilih Flexi karna kata teman saya murah cuma Rp. 50.000/bulan (unlimiteed), dan registrasinya juga gampang cukup kamu beli kartu perdana Flexi apa saja kemudian kamu isi 50.000 trus minta tolong sama yang punya konter untuk meregistrasikan, caranya ketik REG BULANAN kirim ke 2255 dan tunggu sampai dapat balasan bahwa registrasi berhasil, setelah itu masukkan kartu Flexi mu ke modem dan tancapkan ke Laptop mu bisa dech internetan.

Setelah menyelesaikan instalasi modem kemudin saya lanjutkan dengan mengisi Profile Management pada Software Mobile Partner bawaan dari Modem.
settinganya adalah sebagai berikut:
Profile Name: Flexi-Time
Access Number: #777
User Name: telkomnet@flexi-time
Password: telkom

Setelah selesai mengisi Profile Management dan saya set ke default kemudian saya klik connect dan berhasil nyambung, kemudian saya buka Browser Internet Explorer, tp saya kecewa karna lambat banget, tidak seperti di warnet. Hehehe.....
Oke saya lanjutkan cerita sayayach...?

Tips dan Trik Mempercepat Koneksi Mozilla Firefox 3.6.8 menggunakan Full Speed
Bingung dech, gimana nich kok lemot banget...?? ada kawan nyarankan pake Mozilla Ferefox yang terbaru 3.6.8

Ini link dowload Mozilla Ferefox yang terbaru 3.6.8. http://www.mozilla.com/en-US/products/download.html?product=firefox-3.6.8&os=win⟨=en-US

Oke saya pasang Mozilla Ferefox yang terbaru 3.6.8, ada peningkatan dalam kecepatan, tapi masih kurang puas nich... cari – cari di embah google banyak yang pakai ngerubah setingan windowsnya dan setingan firefoxnya, paling males dech klo udah pake nyeting – nyeting segala, tapi akhirnya ketemu juga dech sebuah aplikasi untuk mempercepat koneksi browser internet bisa dipakai untuk IE dan Mozilla Firefox, nah ni dia baru oke, tidak sabar lagi langsung tak dowload kemudian saya install, nama Aplikasinya Full Speed

Ini linkDowload Full Speed 3.6 fx For Window7. http://www.brothersoft.com/download-full-speed-windows-7-155367.html

Setelah saya pasang Full Speed kemudian saya buka, karna saya ingin tau mana yang lebih cepat IE atau Mozilla Firefox maka saya lakukan test, pertama saya tes IE, gini cara yang saya lakukan:
1. Aktifkan Moden dan koneksi internet
2. Buka Full Speed
3. Klik Internet Explorer terus klik OK
4. Klik Clear Chace and Refresh From Web Site terus klik OK dan OK lagi
5. Klik Internet Explorer terus klik OK
6. Klik Web Speed Test, tunggu sampai muncul ‘This page took 153,2188 scond to load’ terus klik OK dan OK
7. Klik pada ‘I only have a standard Dial-Up Modem’
8. Klik Bost, klik yes dan yes terus sampai tampil jendela restart
9. Klik ‘Show My Speed Improvements Now’
10. Klik Internet Explorer terus klik OK
11. Klik Web Speed Test, tunggu sampai muncul ‘This page took 128,6719 scond to load’ terus klik OK dan OK

Nah saya perhatikan hasil test nya, disini saya menggunakan Windows7 dan IE8
Hasil test dengan Original Windows Setting: ‘This page took 153,2188 scond to load’
Hasil tes setelah Bost di aktivkan: ‘This page took 128,6719 scond to load’
Wah ada peningkatan walau sedikit.

Kemudian saya lakukan test terhadap Mozilla Firefox 3.6.8 dan ini hasilnya
Hasil test dengan Original Windows Setting: ‘This page took 127,6001 scond to load’
Hasil tes setelah Bost di aktivkan: ‘This page took 40,27881 scond to load’
Wo...! ada peningkatan kurang lebih 3 kali, maka saya putuskan browser internet saya menggunakan Mozills Firefox dan kemudian saya Up-Date.

Sejak itu saya merasa nyaman berselancar di dunia maya baik Facebukan, googling dan Bloging... Pokoknya asyik dech kayak di Warnet aja... malah ini murah lagi seharian nge-net ga abis Rp. 2.000. lah iya kan 50.000/30 jadi sehari Cuma Rp. 1.666.66667, dan bebas mau dowload berapa MB sampai GB asal sanggup aja. Hehehe..... lumayan dec bisa ngirit hik hik hik....
Masih ada cerita lagi nich jangan pergi dulu.....

Tips dan Trik agar Dowload lebih mudah
Dalam mendowload file Data, Program, Musik, maupun Video sebenarnya saya pengen yang gampang dan bisa otomatis. Kemudian saya coba instal Internet Download Manager, namun sayang versi trial. Tapi ga usah kuwatir ada crack nya kok.

Ini link dowload IDM Versi terbaru IDM 5.19 Build 2: http://www.internetdownloadmanager.com/idman519.exe

dan untuk menjadikannya full version dowload carck nya juga
Ini link download cracknya: http://www.ziddu.com/download/9743628/IDM519Build2Full.rar.html

Setelah dapat kemudian saya instal sesuai petunjuk nya dan saya integrasikan dengan Mozilla Firefox agar setiap saya blok tex, klik video dan lagu maupun program langsung kluar dech Internet Download Manejernya di pojok kanan, tinggal klik maka terdowload tu yang saya mau.... makin asyik aja ne berdowload ria video n lagu di YouTube.

Waduh saya nech pelupa, takut lupa cara nginstal IDM jadi Full Version, terpaksa dech saya ceritain juga, agar dimasa mendatang bisa dibaca – baca lagi.. Kalau tidak salah gini caranya:

1. Saya install IDM seperti biasa, terus saya tutup/close program IDM nya
2. Terus saya saya Extract IDM519Build2Full.rar, klu dak salah pakai Winrar
3. Selanjutnya saya buka file idmreg,ada pilihan "Are you sure you want to add" saya Pilih YES.

4. Kemudian copy IDMan.exe ke Folder C:\Program Files\Internet Download Manager,kemudian muncul konfirmasi untuk replace/mengganti "This folder already....replace the.." saya Pilih YES. selesai dech IDM udah jadi Full Version.
lanjut lagi ceritanya yach...??

Aplikasi tambahan agar Mozilla Firefox lebih kenceng
Wo...! rupanya masih ada lagi biar internet makin cepat. Yaitu dengan menggunakan Aplikasi Pengompres Web, bukan hanya lagu aja yang bisa di kompres. Situs yang kita buka bisa di kompres oleh aplikasi ini sehingga load nya makin cepat. Aplikasi ini, menurut beritanya bisa mengompres web hingga 60%, jadi misal kita buka web yang berukuran 100Mb maka dengan Aplikasi ini dapat ditekan menjadi 40Mb maka aksesnya akan menjadi cepat.
aplikasinya namanya Tonell
Ini link dowload Toonel: http://toonel.net/generic/005050/toonel.jar

Aplikasi ini berbasis java. Jadi, saya harus install Java Runtime Environment dahulu
Ini link download Java Runtime Environment: http://dl8-cdn-01.sun.com/s/ESD44/JSCDL/jdk/6u7/jre-6u7-windows-i586-p-s.exe?e=1219809607696&h=bf05a15d6bf70740ea36df33c3f6e6c1/&filename=jre-6u7-windows-i586-p-s.exe )

Cara menjalankannya klu ga salah kira - kira gini:
1.Install Java Runtime Environment
2.Buka aplikasi toonel
3.Pilih Mapping pilih 127.0.0.1(kalo gak salah pilihan yg ke2) ., Terus klik Apply
4.Buka Browser Mozilla Firefox terus pilih Tool > Option > Advaced > Network > Setting. Isi SSL Prxy: 8080, FTP Proxy: 7999, terus klik OK

Nah ada lagi nich cerita lainya.....
Wah... kerasa juga ne ada peningkatan kecepatan setelah pake Aplikasi Toonel, jadi pengen ngukur deh kecepannya, tapi kali ini saya ngetesnya tidak pake Full Speed lagi melainkan pake situs, caranya gampang kok cukup saya kunjungi sebuah situs.

Ini situsnya: http://www.numion.com/Stopwatch/index.html

Namun sebelum melakukan test saya bersihkan dulu cache dan cookies.
Setelah masuk pada situs tersebut, saya masukkan alamat yang akan saya test kemudiaan klik ‘StarStopWatch’ dan saya tunggu sebentar, dan akhirnya saya tau dech berapa detik browser saya bisa membuka situs tersebut.

Nah... cerita tentang mempercepat koneksi sudah, tentang dowload sudah, masih ada lagi nich ceritanya, ini penting juga loh... percuma koneksinya cepat tapi sering putus – putus...

Tips dan Trik agar koneksi tidak sering putus
Maklum menggunakan jaringan HP jadi kadang koneksinya sering putus, hal ini mungkin disebabkan akses saya ke internet sering terhenti agak lama jadi system operator yang memutuskan.
Misalnya saya sedang membaca artikel di internet agak lama, nah... pada saat saya membaca itu lah koneksi sering putus (diputus oleh operator) karna tidak ada akses (uploud/dowload) di internet..,
setelah saya selesai membaca dan ingin melanjutkan lagi jaringan udah putus, sebel dech.... Tapi tenang ada cara ampuh yang saya dapatkan dari jalan –jalan bersama embah google entah saya mampir dimana tuh saya lupa, kata yang punya artikel itu supaya akses saya ke internet tidak terhenti (di disconnect oleh operator) gini caranya:
Pada saat kamu sudah konek ke internet, kamu buka kotak dialog ‘Run’ (tekan Windows + R) dan kamu isikan ping www.yahoo.com –t –l 1, terus OK/Enter, biarkan system itu berjalan jangan ditutup di minimze aja..

Beres dah, emang benar... saya tinggal kemana – mana, kadang saya tinggal ngerjain yang lain selama berjam – jam tampa mematikan modem, koneksinya tetap jalan alias ga putus, terkecuali kalau sinyal utama Flexi nya hilang.

Sekian dulu semoga bermanfaat
Sampai jumpa......!
http://starservicego.blogspot.com/2010/08/tips-dan-trik-mempercepat-koneksi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar