Rabu, 06 April 2011

9 Aplikasi Adobe AIR Untuk Blogger

Adobe AIR
Adobe AIR adalah platform aplikasi yang sangat populer yang memungkinkan developer membangun aplikasi desktop yang bisa berinteraksi dengan web (internet) tanpa memakai web browser. Bahkan sekarang aplikasi-aplikasi AIR telah meluas dalam berbagai bentuk dan kegunaan, untuk web development, produktivitas, finansial, music streaming, photo sharing, dan sebagainya. Sebagai contohnya TweetDeck, salah satu aplikasi terpopuler yang memungkinkan pengguna berinteraksi menggunakan Twitter dan Facebook melalui desktop.
Berikut ini adalah daftar aplikasi apa saja yang dapat menunjang aktivitas ngeblog kita ↓

1. DiggTop

DiggTop
Dengan DiggTop, kita dapat menelusuri berbagai macam informasi pada Digg berdasarkan topik atau keyword favorit kita. Informasi yang ditampilkan juga dilengkapi slideshow gambar dan preview video dari artikel terkait.
Untuk menjalankan DiggTop dibutuhkan Adobe AIR runtime dan MacOS 10.4.8 atau Windows XP SP 2 / Vista.

2. Polaris

Polaris
Statistik Google Analytics dapat diakses melalui desktop menggunakan aplikasi bernama Polaris. Panel dashboard Polaris memberikan laporan jumlah total kunjungan, pageviews, bounce rate, dan sebagainya. Selain itu, ada 7 panel terpisah yang berisi informasi mengenai keyword report, map overlay, sumber trafik, top content, grafik jumlah kunjungan, referring sites, dan goal values.
Polaris tersedia dalam dua versi: versi gratis untuk satu profile website atau blog dan versi berbayar sebesar $15 per tahun untuk multi-website.

3. WordPress Comment Moderator

WordPress Comment Moderator
Moderator adalah plugin WordPress yang terintegrasi dengan aplikasi desktop yang dibangun menggunakan Adobe AIR. Aplikasi ini mengijinkan anda melihat komentar blog anda dan memoderasinya melalui desktop.
Aplikasi ini membutuhkan setidaknya WordPress versi 2.6+, plugin moderator, dan Adobe AIR runtime versi 1.1.

4. Websnapshot

Websnapshot
Screenshot atau snapshot banyak kita pakai sebagai gambar tambahan di postingan. Walaupun sudah banyak aplikasi screen capturer, Websnapshot layak dicoba karena kemudahannya mengambil snapshot hanya dengan mengetik URL. Pilihan ukuran screenshot yang diambil ada tiga: thumbnail, browser-size, atau full page.
Alternatif aplikasi serupa yang patut dicoba adalah WebKut.

5. GMDesk

GMDesk
GMDesk adalah peralatan all-in-one untuk menjalankan Gmail, Google Calendar, Google Docs, dan Google Maps dalam satu aplikasi tanpa membuka web browser.

6. SEO Analyzer

SEO Analyzer
Aplikasi berbasis desktop ini dibuat untuk kepentingan analisis SEO dasar seperti cek PageRank, analisis link, dan analisis keyword.

7. ReadAir

ReadAir
Membaca RSS bisa dilakukan tanpa browser, salah satunya dengan menggunakan ReadAir. Aplikasi ini tersinkron dengan Google Reader. Kita bisa membaca update dari blog-blog yang kita ikuti, menambah dan menghapus tag, mencari feed, serta melakukan subscribe dan unsubscribe feed.

8. Flickr Flipper

Flickr Flipper
Aplikasi Flickr Flipper memungkinkan anda menjelajahi Flickr untuk mencari gambar yang cocok dengan postingan anda. Anda juga dapat melakukan pencarian berdasarkan username pengguna Flickr tertentu. Selain itu, gambar yang ditemukan bisa diunduh langsung ke komputer.

9. Tumblweed

Tumblweed
Khusus untuk blogger pengguna layanan blog Tumblr. Anda bisa memposting teks, foto, video, link, audio, dan chat post dari desktop ke blog Tumblr anda dengan mudah dan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar