Senin, 04 April 2011

CONSULTATION TOPIC : SALEP BAYI & NEBULIZER

FromMessage
Clarissa Posted : 10/15/2008 12:27:59 PM

dok, bayi saya umur 5bln..waktu itu kulitnya ada luka terkena ujung pampers.
diberi salep racikan yang isinya biocream 20gr + elox cream 5gr.
pertanyaan saya, fungsi salep itu untuk apa saja dok?

kemudian saya mau tanya ttg fungsi nebulizer/penguapan.
apakah dapat mempercepat penyembuhan bayi batuk+pilek?
bayi saya sedang batuk+pilek, dokternya merujuk untuk di-uap selama 3x berturut2 setiap hari.
obat yang diberi..
pulmicort 1/2 neb.
ventolin 1neb.
NaCl 1,5ml.
akhirnya saya beli alat nebulizer itu agar bisa melakukan penguapan sendiri dirumah.
yang ingin saya tanyakan, apakah obat2 diatas itu benar untuk batuk/pilek? jika anak saya masih blm sembuh, apakah aman untuk saya berikan tambahan. lalu takaran obat2 itu apakah harus benar2 tepat? saya kawatir ada yang kelebihan/kekurangan sekitar 1ml.
thanx..
Tim Tanya Dokter Posted : 10/15/2008 6:12:00 PM

Hallo, Ibu Clarissa.

Biocream merupakan suatu krim hipoalergenik yang berbasis basa, berfungsi untuk krim pelindung dan menjaga kelembaban kulit biasa untuk keadaan kulit yang kering. Sedangkan Elox Cream merupakan krim yang mengandung mometasone furoate. Berfungsi sebagai kortikosteroid topikal pada keadaan alergi, dan untuk mengurangi inflamasi atau peradangan pada kulit.

Mengenai nebulizer dan penguapan merupakan suatu cara pemberian obat melalui inhalasi/pernafasan. Fungsinya sama seperti dengan pemberian obat lainnya namun mempunyai daya efektifitas lebih tinggi dibandingkan melalui mulut.

Obat pulmicort mempunyai kandungan budesonide yang tergolong sebagai glukokortikoid steroid. Biasa digunakan untuk orang yang mempunyai keadaan asma, alergi, peradangan pada hidung, dan pada saluran pernafasan lainnya.

Ventolin mempunyai kandungan salbutamol merupakan golongan beta 2 agonis. Biasa digunakan untuk penderita asma, melapangkan jalan pernafasan. Sedangkan untuk NaCl merupakan pelarut yang digunakan pada nebulizer.

Untuk penggunaan campuran obat tersebut tidak dapat diberikan secara terlalu sering tanpa pengawasan dokter anda. Beberapa mempunyai efek samping pada penggunaan yang berlebihan antara lain pulmicort dan ventolin. Penambahan dosis juga sangat tidak dianjurkan karena mungkin bukan karena dosis yang tidak tepat melainkan keadaan anak ibu yang sudah berbeda pada saat diberikan nebulizer. Kekurangan sekitar 1 ml mungkin tidak terlalu berpengaruh namun saya sangat sarankan apabila dengan pemberian seperti di atas tidak menunjukkan perbaikan, ibu berkonsultasi lebih lanjut pada dokter spesialis anak.

Demikian penjelasan saya, semoga dapat membantu.Jawaban ini dimaksudkan hanya untuk membantu anda mengetahui lebih jauh mengenai kondisi medis anda dan bukan untuk menggantikan konsultasi dokter secara tatap muka langsung. Kami tetap menyarankan anda untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter anda untuk pemeriksaan fisik yang lebih lengkap dan pengobatan yang tepat jika keluhan anda memang membutuhkan penanganan dokter secara langsung.

http://www.tanyadokter.com/consultation-topic.asp?zona=CONS&discussionID=63426&discussionTypeID=8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar