Kamis, 24 Maret 2011

Seputar Windows Update

by ijhonk Akhir
windows-update-error
Tadi siang, daripada akses internet dibiarkan nganggur karena saya ada pekerjaan kantor, saya berpikir untuk meng-update Windows. Namun sayangnya beberapa kali mencoba, saya hanya mendapatkan halaman error seperti image di atas. Belum pernah terjadi sebelumnya, dan setelah melihat dua solusi yang ditawarkan, ternyata solusi kedua yang berlaku. Itu karena ada karakter yang tidak diperkenankan di bagian exception pada setting proxy di Internet Option. Mungkin karena acara coba-coba beberapa hari yang lalu. Jadi walaupun untuk akses internet masih bisa (meskipun sangat jarang saya gunakan), ternyata untuk urusan Windows Update tidak bisa begitu.

Setelah proses download dan install file update, seperti biasa, Windows memunculkan dialog box: Updating your computer is almost complete. You must restart your computer for the updates to take effect. Do you want to restart your computer now? dengan pilihan: Restart atau Restart Later.
windows-update-restart-baloon
Biasanya, saya langsung memilih untuk restart, tapi berhubung sedang ada pekerjaan yang mendesak, saya memilih restart later. Ternyata, dialog box itu muncul lagi beberapa menit kemudian. Begitu seterusnya, pilih restart later, tidak lama kemudian muncul lagi. Cukup menganggu. Jadi terpikir bagaimana menghilangkan dialog box ini.
Akhirnya, menemukan jawaban di halaman ini. Mengikuti petunjuk di situ, saya masuk Start– Run, ketik gpedit.msc. Dari situ pilih Local Computer Policy –Computer Configuration –Administrative Templates –Windows Components — Windows Update — Re-prompt for restart with scheduled installations. Di sini dapat diatur berapa menit sekali dialog box tersebut akan muncul dengan memilih Enable, atau sekalian didisable untuk menonaktifkan peringatan berulang.
Ketika saya memilih disable, ternyata efeknya tidak langsung terlihat. Dialog box masih muncul. Begitu juga dengan memilih jeda waktu yang lama. Harus restart dahulu? Saya tidak menginginkan restart saat itu, dan saya tidak mau diganggu dialog box tersebut. Menyusuri komentar di halaman yang tadi, menemukan cara dengan menjalankan perintah di Start — Run.. atau bisa juga di Command Prompt :
sc stop wuauserv
windows-update-wuauclt-cp
Akhirnya memang menghilang, termasuk icon di system tray, dan tidak muncul lagi sampai sore ini.
http://maseko.com/2007/02/21/seputar-windows-update/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar