Sabtu, 19 Maret 2011

7 Jurus Menghilangkan Kecemasan dan Memulai Hidup Baru.

Dalam buku ini Dale Breckenridge, membantu kita untuk dapat menghilangkan kecemasan dan berusaha memulai hidup baru. Dan berikut ini adalah beberapa tips untuk dapat mengubah hidup kita menjadi lebih baik
I. Temukan diri dan kepribadianmu sendiri
Pribadi seseorang tidak akan pernah sama satu dengan yang lainnya. Bahkan untuk orang yang memiliki ikatan / hubungan darah sekalipun.
Masalah yang sering muncul dari keengannan seseorang menjadi diri sendiri merupakan sebab timbulnya berbagai penyakit syaraf, penyakit jiwa dan perasaan perasaan aneh lainnya.
Dalam sebuah wawancara dengan paul boytoon seorang direktur bidang ketenagakerjaan, sebuah pertanyaan :
“Kesalahan yang paling besar apa yang sering dilakukan oleh para pelamar kerja?“
Dan tenyata kesalahan yang paling besar pelamar kerja adalah mereka tidak berpegang teguh pada diri sendiri, mereka jarang berterus terang, sebaliknya mereka memberikan jawaban yang menjadi diri sendiri tidaklah gampang, apalagi kalau kita merasa ada kekurangan dalam diri yang sangat menonjol.
Seringkali kita berusaha untuk menyembunyikan kekurangan itu dengan segala cara, namun tanpa kira sadari dengan berusaha menutupi kekurangan itu akan semakin membuat orang lain lebih memperhatikan kekurangan kita dibandingkan dengan kelebihan kita.
Dengan kemampuan yang kita miliki janganlah kita merasa cemas, karena setiap dari kita memiliki sesuatu yang lebih, karena tidak ada orang lain yang sama seperti kita, begitupun sebaliknya.
Sejak awal mula kehidupan tidak seorang pun persis dengan kamu, waktu yang akan datang pun tidak ada seorang manusia pun bisa persis dengan dirimu.
II. Hindari kelelahan dan kecemasan
Capek seringkali menghinggapi kita, setelah seharian bekerja. Mulai sekarang katakan say no to capek dech…. perhatikan kebiasaan yang positif dalam beraktivitas :
1. Bersihkan meja tulis dari semua bentuk kertas.
Karena dengan banyaknya kertas di atas meja kita akan mendorong adanya perasaan keharusan dan rasa tanggaung jawab. Dan perasaan adanya rangkaian tanpa peghabisan yang harus dilakukan. Membersihakan meja tulis membantu menyadarkan kita untuk menghindari tekanan berat / perasaan keharusan dan perasaan adanya rangkaian masalah tanpa penghabisan yang harus dikerjakan.
2. Kerjakan aktivitasmu menurut urutan kepentingan.
Berusaha dan mulai belajar memisahkan kepentingan yang lebih utama yang harus dikerjakan terlebih dahulu.
3. Selesaikan permasalahan yang di hadapi.
Jangan pernah menunda2 menyelesaikan permasalahan yang sedang di hadapi. Dengan begitu beban akan terasa lebih ringan
4. Belajar berorganisasi dan berbagi.
Berkumpul, berdiskusi dan berbagi dalam segala hal dengan orang lain.
IV. Belajar santai menghadapi masalah dalam beraktivitas
Fakta membuktikan kerja otak tidak akan membuata kita lelah, jika kita merasa lelah berusahalah untuk memejamkan mata untuk dapat rileks sebentar.

:: Tip rileks ::
1. Baca buku refensi terbaik untuk relaksasi.
2. Cari cara rileks dengan eksotis.
3. Beraktivitas dengan posisi nyaman perhatikan posisi duduk kita dalam beraktivitasa, sehingga mengurangi ketegangan otot punggung dan pinggang kita.
4. Periksa diri sendiri sehari “ apakah aku sudah bekerja lebih keras dari yang seharusnya aku lakukan
5. Seusai mengerjakan aktifivas sore hari, uji diri “ seberapa lelahkan aku “ kesempurnaan bukan dilihat dari kelelahan yang di rasakan melainkan dari kesegaran tubuh yang dirasakan.
V. Tetap semangat dalam beraktivitas
Bosan adalah salah satu pemicu utama kelelahan, orang orang beruntung adalah mereka yang melakukan aktivitas kesenangannya. Mereka bisa beruntung karena penuh energi dan kebahagiaan yang lebih besar. Mereka tidak terlalu cemas dan lelah. Energi akan tersimpan di suatu tempat yang kamu senangi, “ berjalan dengan pasangabn yang cerewet mungkin lebih melelahkan daripada berjalan 10 km dengan pasangan yang menyenangkan.
VI. Beryukur jangan hitung kesulitanmu
Dalam kehidupan masih banyak yang lebih tidka beruntung hidupnya dari pada kita. Sebuah pertanyaan yang patus kita jawab “ mengapa aku tidak percaya pada diri sendiri, apa yang pantas aku cemaskan ?
Kira kita 90% dari segala sesuatu dalam hidup kita adalah benar dan 10% adalah salah. Jika kita ingin bahagia yang bisa kita lakukan adalah konsentrasi dan memusatkan pikiran pada 90% yang benar dan tidak menghiraukan 10% yang salah, dan begitu sebaliknya.
VII. Berfikir dan berterima kasih
Berfikir positif dan selalu berterima kasih untuk segala hal yang kita lalui.
Cinta adalah Santapan Jiwa.
Jiwa Tanpa Cinta Bagai Rumah Kosong.
Cinta Tanpa Menjiwai Bagai Layang-layang Putus Tali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar