Senin, 28 Maret 2011

Memasang Foto Pada Skin Windows Media Player

 Mungkin diantara kalian ada yang pernah search google buat mencari Macromedia Flash Player yang bertema "Happy Birthday bla..bla..bla..." sebagai hadiah untuk orang yang dicintai. Nah bagaimana kalau kali ini kamu gak usah mengubek-ubek web buat mencari hal yang begituan. Lebih baik kamu membuat sendiri kado spesial buat si Do'i. Bagaimana caranya? Oahemmmm....kita akan membuat kado spesial itu dengan memanfaatkan skins Windows Media Player.

 Alat:
1. Winrar (all version, asal bukan versi DOS).
2. Adobe Photoshop (all version).
3. Notepad (sudah tersedia di Windows).

 Setelah semua alat tadi tersedia maka langsung aja kita mulai ritualnya bro:
1. Buka directory C:\Program Files\Windows Media Player\Skins. Untuk tutor ini aku menggunakan skins "Revert" sebagai contoh.


2. Klik kanan>> Open With>> Winrar Archiver.
3. Ekstrak ke directory suka-suka kamu asal mudah mencarinya.
4. Jalankan Adobe Photoshop. Load Player_up.bmp. Setelah terbuka kemudian pilih opsi Select>> All. Kemudian pilih opsi Edit>> Copy.
5. Pilih opsi File>> New. Buat ukuran width= 800 height= 600.
6. Klik pada Set Foreground Color. Lalu masukkan warna dengan kode FF00FF (FF nol nol FF).

7. Dengan menggunakan Paint Bucket Tools yang simbolnya berupa kaleng cat, maka tuangkanlah warna tadi.
8. Pilih Opsi Edit>> Paste. Dengan menggunakan Move Tool letakkan hasil copy Player_up.bmp tadi keposisi kiri atas (mentok).
9. Load foto pacar kamu. Hmmm karena Inyong gak punya pacar sebab gak laku-laku maka Inyong akan memanfaatkan foto salah satu teman Facebook Inyong (gkgkgkgk maap yow pren).
10. Edit gambar tersebut. Pake Polygonal Lasso Tool untuk menyeleksi gambar yang ingin dihapus>> Edit>> Clear. Manfaatkan Juga Magic Erase Tool agar bagian yang dihapus tadi menjadi transparan.
11. Setelah Diedit secara baik maka pilih opsi Select>> All, kemudian opsi Edit>> Copy.
12. Paste kedalam kotak Player_up.bmp yang tadi udah kamu buat. Atur posisi yang sesuai. Jika gambar terlalu besar maka kecilkan dengan Move Tool, pastikan Show Bounding Box tercontreng.

13. Simpan kedalam folder tempat kamu mengEkstrak skin tadi. Format terserah mau pake gif, jpeg, jpg ataupun bmp. Tapi agar sesuai dengan contoh maka beri nama "Honey" dengan format "bmp (bitmap)".
14. Buka folder tempat mengekstrak skin. Cari file bernama "Netgen.wms" (yang ber-icon Media Player tuh). Klik kanan>> Open With>> Notepad.
15. Lihat gambar dibawah. Ubah Width= 800, height= 600. Sedangkan pada backgroundImage ubah menjadi "Honey.bmp". Jika menggunakan format lain maka "bmp" tinggal diubah, misalnya: "Honey.jpeg".

16. Dengan menggunakan opsi Edit>> Find masukkan string berikut dalam kotak "Find what":

width="jscript:view.width-2*left"

17. Ubah String tadi menjadi seperti berikut:

width="jscript:256-2*left"

Dikarenakan width sudah berubah menjadi 800 maka tentunya seek/ slider akan menjalar kemana-mana, maka string harus dirubah sesuai ukuran width skin sebelumnya yaitu 256.

18. Pilih opsi File>> Save. Keluar dari Notepad. Ujicoba hasil proyekmu tadi dengan double klik pada Netgen.wms.

19. Jika sudah sesuai keinginan kamu maka buka kembali directory C:\Program Files\Windows Media Player\Skins. Buka kembali skin Revert dengan menggunakan Winrar. Masukkan "Netgen.wms" dan "Honey.bmp" yang tadi sudah kamu edit lalu keluar dari Winrar.
20. Buka Windows Media Player secara biasa kemudian aktifkan skins yang tadi udah kamu buat.  Yuhuuu..berjalan dengan baik kan? Setelah itu tinggal kirim dah skins tadi ke E-mail cewek atau cowok kamu.

WARNING: Artikel ini hanyalah untuk pembelajaran semata. Jika ada penyebarluasan skins bajakan ataupun skins yang asli dan dianggap menyalahi undang-undang IT itu semua diluar tanggung jawab author.

Copyright: Dilarang menyebarluaskan, mengklaim ataupun memasang artikel ini pada situs ataupun blog lain dengan/ tanpa perubahan tanpa seijin Author yang merupakan pemilik dari blog ini.
http://wrongedan.blogspot.com/2010/12/memasang-foto-pada-skin-windows-media.html

3 komentar:

  1. keren, ijin coba ya,
    nice articel kk :3

    BalasHapus
  2. sampe di save setelah diedit scriptnya, ga bisa, malah jadi text document ( read-only ), ini gmn ya ??

    BalasHapus